Tips Puasa Ramadan untuk Para Ibu Hamil

Apr 16, 2021

0

Tips Puasa Ramadan untuk Para Ibu Hamil

Tips Puasa Ramadan untuk Para Ibu Hamil – Berpuasa di bulan Ramadan sejatinya merupakan hal wajib untuk dilakukan oleh semua umat muslim yang ada di dunia. Meskipun begitu, terdapat beberapa pengecualian termasuk juga untuk ibu yang sedang mengandung.

59bacc66 6c90 4825 b57d 51e9cc4777cb 169 - Tips Puasa Ramadan untuk Para Ibu Hamil

Ibu hamil juga dapat ikut berpuasa selama kondisinya kuat dan sehat. Namun, untuk para ibu hamil yang ingin berpuasa, maka beberapa hal ini perlu diperhatikan. Simak ulasannya.

1. Konsumsi makanan sehat teratur

Seperti istilah empat sehat lima sempurna, tentu saja ini lah yang perlu menjadi hal utama yang diperhatikan oleh para ibu hamil. Menjaga asupan menjadi penting adanya untuk kebutuhan nutrisi dari ibu dan bayi. Oleh sebab itu, ibu hamil harus lebih ekstra lagi dalam menjaga apa yang dikonsumsi. Selain itu, konsumsi cairan juga perlu rutin dilakukan agar tetap tercukupi.

2. Menjaga imunitas tubuh dengan vitamin

Mengkutip dari houseoffitness.net Sebetulnya untuk tips yang satu ini juga berlaku bagi semuanya yang menjalankan puasa. Menjaga imunitas tubuh adalah hal wajib yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi vitamin dan susu. Khusus untuk ibu hamil, pengonsumsian jenis vitamin dan susu tak bisa sembarangan, serta harus disesuaikan dengan arahan dokter.

3. Melakukan olahraga ringan

Meskipun sedang dalam tahap berpuasa, namun ibu hamil tetap dapat menjaga kebugaran tubuh dengan cara berolahraga. Caranya pun tak perlu rumit, hanya dengan sedikit gerakan ringan seperti senam dan yoga saja sudah cukup. Lakukan olahraga dengan tepat agar tak terlalu banyak keluar keringat dan tubuh tetap bugar.

4. Hindari stres dan rileks

Ibu hamil memang harus dijauhkan dari segala bentuk stres yang dapat memengaruhi psikisnya. Rileks kan diri sejenak dengan melakukan hal-hal yang dapat memberikan perasaan tenang. Cara ini akan membantu ibu hamil untuk dapat berpuasa dengan tenang dan lancar.

5. Ketahui saat-saat untuk berhenti puasa

Melansir dari https://poker88asia.info/ Pada dasarnya memang puasa bagi ibu hamil diperbolehkan bila kuat, jika tidak maka tak masalah. Oleh sebab itu, sebagai ibu hamil pun tentu harus tahu batasan-batasan tubuh jika dirasa sudah tak mampu melanjutkan diri untuk berpuasa. Dengan cara mengetahui hal tersebut, maka kesehatanmu dan sang janin tetap terjaga baik.

Menjalankan puasa bagi ibu hamil tentu bukan hal yang mudah, namun bila kuat dalam menjalaninya maka tak ada alasan untuk tak berpuasa. Semoga selalu sehat dan lancar untuk para ibu hamil yang sedang berpuasa.