Manfaat Wijen Bagi Kesehatan Tubuh

Sep 5, 2020

0
Manfaat Wijen Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Wijen Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Wijen Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Wijen Bagi Kesehatan Tubuh, – Biji Wijen merupakan salah satu biji-bijian yang biasa digunakan sebagai penghias ataupun pelengkap berbagai olahan makanan. Misalnya saja seperti onde-onde, kue, topping rotim sushi, pelengkap salad, dan lain sebagainya.

Biji wijen sendiri berasal dari tumbuhan wijen yang termasuk ke dalam keluarga Pedaliaceae. Hingga kini biji wijen masih sangat mudah untuk ditemukan. Karena jenis biji ini cukup dinamis saat disandingkan dengan berbagai jenis makanan.

Melansir dari https://lastmenandovermen.com/, Bila selama ini kita tahu selama ini wijen menjadi taburan di atas roti. Namun ternyata biji kecil berwarna putih ini bermanfaat juga untuk kesehatan, lho.

Ukuran biji wijen yang kecil, seringkali hanya sebatas digunakan sebagai penghias dalam suatu sajian makanan. Namun siapa sangka, di balik kecilnya ukuran biji wijen jangan pernah meremehkan biji-bijian yang satu ini.

Meningkatkan kekebalan tubuh kita

Dikutip dari National Institutes of Health bahwa wijen memiliki kandungan zinc yang baik untuk kesehatan. Pasalnya bila tubuh kekurangan zinc maka sistem kekebalan atau imun tubuh akan menurun. Selain itu wijen mengandung selenium, zat besi, vitamin B6 dan vitamin E yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Menjaga dan mengontrol kolesterol dalam tubuh

Wijen mengandung 39 persen lemak tak jenuh tunggal, 41 persen lemak tak jenuh ganda dan 15 persen lemak jenuh. Dari penelitian milik Departmen of Nutrition Harvard menyebutkan bahwa mengonsumsi lebih banyak lemak tak jenuh ganda maupun tunggal dapat membantu dalam mengurangi atau menurunkan kolesterol dalam tubuh kita yang berpotensi untuk meningkatkan risiko penyakit seperti penyakit jantung.

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi tentunya akan meningkatkan resiko penyakit berbahaya dan mematikan seperti stroke ataupun jantung. Seperti halnya yang diungkapkan dalam jurnal dari University Medical Center Groningen Netherlands wijen mengandung magnesium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu saja kandungan vitamin E dan juga antioksidan lain dapat mencegah pertumbuhan plak pada arteri sehingga tekanan darah dapat terjaga.

Melancarkan sistem pencernaan

Apakah kamu mengalami masalah pencernaan seperti kesulitan buang air besar? Hal tersebut bisa terjadi karena tubuhmu kurang memiliki serat. Oleh karenanya kamu dapat mendapatkan asupan serat salah satunya dari wijen.

Melansir dari jurnal U.S Department of Agriculture yang menyatakan bahwa mengkonsumsi 3 sendok makan wijen atau setara dengan 30 gram akan memenuhi 12% asupan serat harian kita.