Manfaat Brussels Sprout Bagi Kesehatan

Sep 3, 2020

0
Manfaat Brussels Sprout Bagi Kesehatan

Manfaat Brussels Sprout Bagi Kesehatan

Manfaat Brussels Sprout Bagi Kesehatan

Manfaat Brussels Sprout Bagi Kesehatan, – Tanaman brussel sprouts banyak sekali varian namanya. Ada yang mengatakan kubis brussel, kol brussel, baby kol dan lain sebagainya. Dari namanya kita bisa ketahui dari mana asal si kol mungil ini, yakni dari Brussel, Belgia. Kubis brussel memang berukuran kecil, namun tanaman ini sangat kaya akan protein, serat, vitamin, mineral dan antioksidan.

Brussels sprout merupakan jenis sayuran yang masuk dalam kelompok gemmifera. Brussels sprout dikenal sebagai miniatur kubis karena bentuknya yang memang mirip kubis, namun ukurannya sangat kecil dan memiliki warna hijau yang lebih pekat.

Melansir dari https://gracegospelwa.org/, Tanaman ini sangat popular di Belgia lho. Meski di Indonesia masih terdengar tidak awam, namun sayuran yang satu ini sudah banyak digunakan sebagai bahan makanan di restoran-restoran.

Menjaga kesehatan tulang

Brussels sprout mengandung vitamin K yang berfungsi menjaga tulang agar kuat, padat dan mengurangi risiko tulang yang patah. Adapun manfaat lain dari vitamin K meliputi membantu proses pembekuan darah, mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi efek nyeri saat menstruasi. Kebutuhan vitamin K setiap orang berbeda-beda sesuai berat badannya, orang dewasa sebesar 0,001 mg. Sementara bagi anak kecil yaitu 0,002 mg-0,025 mg dan balita sebesar 0,002 mg.

Cocok untuk program diet

Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet, brussels sprout sangat cocok untuk dikonsumsi. Kandungan serat yang tinggi membuat kamu yang telah mengonsumsi brussels sprout akan merasakan kenyang yang cukup lama. Selain itu, brussles sprout juga memiliki kalori yang cukup rendah. Dalam setengah cangkir brussels sprout mengandung 28 kal (kalori).

Membantu mengatur kadar gula darah

Brussels sprout tinggi akan serat. Serat yang terkandung dalam sayuran ini adalah serat larut dalam air yang berbentuk gel. Manfaatnya yaitu dapat mengawasi kadar gula dalam darah dan mengurangi lemak viseral yang dapat memicu timbulnya diabetes. Manfaatnya juga mampu memperlambat konversi karbohidrat menjadi gula, sehingga akan mempengaruhi proses peningkatan gula dalam darah yang berjalan meningkat secara perlahan-lahan.

Melindungi serangan kanker

Sebuah penelitian dilakukan oleh Tom Bordy di tahun 2008, dengan mengacu bahan studi di tahun 1999. Dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa brussels sprout memiliki senyawa unik yaitu glukosionat yang menghasilkan sumber zat kimia indole 3 karbinol. Senyawa inilah yang digunakan untuk proses detoksifikasi karsinogen yang berarti mengeluarkan racun dari tubuh yang memicu timbulnya kanker.

Memenuhi kebutuhan omega 3

Brussels sprout merupakan solusi bagi kamu yang ingin memenuhi kebutuhan nutrisi omega 3 namun tidak menyukai ikan atau makanan laut lainnya. Brussels sprout menghasilkan omega 3 dalam jenis asam alfa linolenat (ALA) yakni 135 mg dalam setengah cangkir sayuran yang telah masak. Omega 3 ALA berfungsi mengatur lemak tubuh dan meningkatkan kolestrol baik atau HDL.