Makanan yang Harus Dihindari Penderita Darah Tinggi

Sep 12, 2020

0
Makanan yang Harus Dihindari Penderita Darah Tinggi

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Darah Tinggi

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Darah Tinggi

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Darah Tinggi, – Hipertensi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah melebihi batas normal. Hipertensi merupakan suatu keadaan tanpa adanya gejala, dimana tekanan darah yang tidak normal didalam arteri menyebabkan meningkatnya risiko terhadap stroke, aneurisma atau pelebaran pembuluh darah, gagal jantung, serangan jantung, dan kerusakan ginjal.

Tekanan darah akan melambung tinggi apabila mencapai 140/90 mmHg. Hipertensi sulit disadari karena tidak memiliki gejala khusus. Namun, ada beberapa hal yang setidaknya dapat dijadikan indikator, karena berkaitan langsung dengan kondisi fisik. Seperti pusing atau sakit kepala, sering gelisah, wajah merah, tengkuk terasa pegal, mudah marah, telinga berdenggung, susah tidur, sesak napas, mudah lelah, mata berkunang-kunang dan mimisan.

Zat sodium tidak akan menimbulkan masalah saat dikonsumsi oleh manusia. Yang berbahaya adalah ketika takarannya terlalu banyak dan berlebihan sehingga mengganggu fungsi organ tertentu. Khususnya harus dihindari para pemilik darah tinggi karena dapat memperburuk kesehatan.

Melansir http://katerinefrancisetsespeintres.com/, Penyebab hipertensi belum bisa dipastikan pada lebih dari 90 persen kasus yang ada. Dalam kasus di mana sama sekali tidak ada penyebab atau faktor jelas, hipertensi dikenal sebagai hipertensi primer.

Aneka jenis saus

Aneka jenis saus seperti saus tomat, mustard, mayonais, bbq dan saus lainnya mengandung tinggi zat sodium dan otomatis dapat mendongkrak tekanan darah. Saus tiram dan dressing salad yang terlalu creamy juga termasuk ke dalam aneka saus yang harus dihindari. Alternatifnya pakai bubuk cabai kering, lada, atau rempah lain.

Mi instan

Jumlah natrium dalam sebungkus mi instan sudah cukup membahayakan kesehatan khususnya mereka pemilik darah tinggi. Sumber dari natrium itu berasal dari mi instan, bumbu dan proses masak yang singkat. Jadi kurang-kurangi makan mi instan kalau mau lebih sehat, guys!

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji seperti pizza dan goreng-gorengan berkontribusi meingkatkan tekanan darah. Ada banyak natrium dalam rasa gurih nan asin yang enak tapi gak menyehatkan bagi tubuh. Selain itu lemak jenuh dari banyaknya keju, saus creamy dan roti sarat tepung mengemas sempurna makanan cepat saji.

Daging olahan

Daging olahan meliputi sosis, ham, patties, salami dan bacon. Kombinasi sodium, lemak jenuh dan pengawet jadi penyebab daging olahan tidak bersahabat dengan tekanan darah yang mudah naik jika terkena bahan-bahan tadi. Jika ingin menyantap daging maka lebih baik oleh semuanya sendiri di rumah tanpa pengawet, perasa dan micin yang berlebihan.