Makanan yang Ampuh untuk Cegah Kolestrol Tinggi, Harus Distok

May 16, 2020

0
Makanan yang Ampuh untuk Cegah Kolestrol Tinggi, Harus Distok

Makanan yang Ampuh untuk Cegah Kolestrol Tinggi, Harus Distok

Makanan yang Ampuh untuk Cegah Kolestrol Tinggi

Makanan yang Ampuh untuk Cegah Kolestrol Tinggi – Hari Raya Lebaran merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap umat muslim. Sebab, selain dapat berkumpul dengan para keluarga besar. Lebaran juga biasanya dirayakan dengan pesta makanan di setiap rumah.

Baca juga : Hati-hati, Penyakit Paling Sering Menyerang Indonesia

Berbagai macam hidangan bersantan dan daging berlemak, seperti opor, kari, jeroan, rendang, tongseng, dan sayuran bersantan biasanya memenuhi meja makan setiap di rumah di hari raya Lebaran. Sayangnya, jika dikonsumsi secara berlebihan, makanan ini bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Naiknya kadar kolesterol ini tidak bisa dianggap enteng, terlebih bagi orang dengan masalah kardiovaskular.

Nah, agar bisa menikmati sajian Lebaran yang lezat tanpa berisiko mengalami kenaikan kolesterol yang tidak diinginkan, kamu perlu mengimbanginya dengan asupan makanan yang terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik seperti beberapa makanan berikut ini.

Oat

Menurut National Lipid Association, konsumsi 5 hingga 10 gram serat larut setiap hari dapat membantu menurunkan kolesterol LDL, kolesterol jahat yang dapat menyebabkan plak di arteri. Sebab, serat ini tidak diserap dengan baik oleh usus sehingga mampu mengikat kolesterol dalam darah dan membantu mengeluarkannya dari tubuh.

Salah satu sumber utama dari serat tidak larut ini adalah oat yang mampu menghasilkan sekitar 2 gram serat larut per setengah cangkir yang dimasak.

Alpukat

Alpukat adalah buah yang padat nutrisi. Juga mampu mencegah kolesterol houseoffitness.net tinggi lantaran kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan serat. Kedua nutrisi ini merupakan kombinasi yang bagus untuk membantu menurunkan LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.

Studi klinis yang dipublikasikan dalam Journal of the American Heart Association telah membuktikan efek penurun kolesterol dari alpukat. Dalam penelitian tersebut, orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas dengan kolesterol LDL tinggi yang makan satu alpukat setiap hari menunjukkan penurunan kadar LDL lebih banyak daripada peserta yang tidak makan alpukat.

Apel

Apel merupakan sumber terbaik pektin, serat yang sudah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol LDL. Buah ini juga kaya akan antioksidan, seperti polifenol, yang menurut sebuah studi di Ohio State University dapat membantu menjaga kolesterol LDL dari oksidasi yang dapat menyebabkan arteri meradang dan tersumbat.

Dilansir laman Prevention, untuk mendapatkan manfaat terbaik bagi jantung, sebaiknya kamu mengonsumsi satu buah apel setiap harinya.

Bawang Putih

Bawang putih telah digunakan selama berabad-abad sebagai bahan masakan dan obat-obatan. Putih mengandung berbagai senyawa tanaman yang kuat. Adapun, senyawa aktif utamanya adalah allicin.

Dikutip dari laman Healthline, beberapa studi menunjukkan bahwa bawang putih mampu menurunkan tekanan darah pada orang dengan hipertensi serta dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan kolesterol total.

Akan tetapi, menurut studi dalam European Journal of Clinical Nutrition, untuk mencapai efek perlindungan jantung ini, diperlukan bawang putih dalam jumlah yang relatif besar. Oleh karena itu, para peneliti mengatakan bahwa mengonsumsi suplemen dianggap lebih efektif daripada mengonsumsi bawang putih secara langsung.

Ikan Berlemak

American Heart Association merekomendasikan setiap individu untuk mengonsumsi setidaknya 7 ons ikan berlemak, seperti salmon, mackerel, tuna, atau herring per minggu.

Sebab, ikan jenis ini kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat membantu meningkatkan trigliserida, sejenis lemak seperti kolesterol yang ditemukan dalam darah yang dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi keras atau tebal.

Jadi, selain opor ayam dan tongseng kambing, pastikan di rumahmu juga tersedia hidangan berbahan dasar ikan berlemak saat Lebaran.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, utamanya almon dan kenari, adalah jenis makanan padat nutrisi serta tinggi akan lemak tak jenuh tunggal.

Dikutip dari laman Healthline, kacang kenari kaya akan varietas asam lemak omega-3, sejenis lemak tak jenuh ganda yang terkait dengan kesehatan jantung. Selain itu, kacang almon dan kacang-kacangan lainnya juga kaya akan L-arginin, asam amino yang membantu tubuh membuat oksida nitrat untuk membantu tubuh mengatur tekanan darah.

Tak hanya itu, kacang juga menyediakan fitosterol, senyawa yang secara struktural mirip dengan kolesterol dan membantu menurunkan kolesterol dengan menghalangi penyerapannya di usus.

Ditambah, kandungan kalsium, magnesium, dan kalium. Ditemukan di dalam kacang-kacangan juga dapat membantu mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Coklat Hitam

Kakao adalah bahan utama dalam cokelat hitam. Menurut studi dalam European Journal of Clinical Nutrition dapat membantu menurunkan kolesterol LDL.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition. Orang dewasa sehat yang minum minuman kakao dua kali sehari. Sebulan menunjukkan penurunan kolesterol LDL sebanyak 0,17 mmol / l (6,5 mg / dl). Tekanan darah mereka juga menurun dan kolesterol HDL mereka juga mengalami peningkatan.

Penelitian lain dalam The American Journal of Clinical Nutrition juga menunjukkan. Kakao dan cokelat hitam melindungi kolesterol jahat LDL dalam darah dari oksidasi, penyebab utama penyakit jantung.

Kendati demikian, manfaat ini hanya bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi cokelat hitam, khususnya dengan kandungan kakao di atas 75 persen.

Jadi, agar tidak mengalami masalah dengan kolesterol tinggi setelah Lebaran nantinya, pastikan kamu sudah menstok bahan makanan di atas, ya!

Sumber : idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *