Makanan daerah yang membawa kesehatan bagi tubuh

Jun 27, 2020

0
Makanan daerah yang membawa kesehatan bagi tubuh

Makanan daerah yang membawa kesehatan bagi tubuh

Makanan daerah yang bergizi

Makanan daerah yang membawa kesehatan bagi tubuh – Makanan yang sehat ternyata enggak mahal dan susah didapatkan loh. Semua makanan itu ternyata dekat dengan keseharian.

Indonesia dikenal akan wisata kulinernya yang menggungah selera. Ya, memang kita tahu masakan negeri ini memang kaya rempah-rempah. Cita rasanya sangat khas, gurih, enak dan melekat di lidah. Bukan tanggung-tanggung, isi gizinya pun tinggi.

Beberapa makanan indonesia yang mengandung banyak nya manfaat

Rendang

sakan khas Indonesia yang telah didunia ini berasal dari wilayah Padang, Sumatera Barat. Bagaimana cara memutarkan, membuat, menggunakan, daging, dan mengolah, menggabungkan berbagai jenis, seperti kunyit, serai, cabe, bawang merah, bawah putih dan masih banyak lainnya. Hal ini membuat masakan rendang tak hanya lezat tetapi juga memiliki nilai gizi tinggi.

Rendang mengandung protein tinggi yang berguna dalam menjaga kesehatan otot dan tulang. Selain itu, masakan ini juga memiliki kandungan antioksidan (mengandung dari bawang putih) yang fungsinya untuk menyehatkan jantung dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Asinan Betawi

Didominasi oleh rasa asam dan segar, makanan khas Jakarta ini terdiri dari sayur-sayuran mentah seperti kol, wortel, selada, tauge timun dan disiram saus kacang asam. kandungan vitamin dan mineral dalam panganan tersebut cukup banyak, seperti wortel yang mengandung vitamin A, sayur kol vitamin C, tauge vitamin K, kacang tanah vitamin E dan daun selada vitamin B3.

Gado-gado

Kalau makanan ini pasti enggak asing lagi. Gado-gado boleh dibilang paling mudah ditemukan, dan biasanya paling pas disantap saat siang hari.  Gado-gado yang terdiri dari ragam sayuran memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral. Mulai dari vitamin K pada kacang panjang, vitamin B kompleks pada jagung, kalsium pada tempe, zinc pada tofu, zat besi pada kangkung dan vitamin E pada kacang.

Soto

Soto dibuat dengan kaldu daging, entah itu daging ayam atau daging sapi. Di sini juga terdapat beberapa jenis seperti lengkuas, bawang merah, bawang putih, jahe dan lain-lain. Manfaat dari soto juga cukup banyak loh, Gaes! Soto memiliki kandungan vitamin C (dari jeruk nipis) yang berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, daging dan rempah-rempah yang digunakan juga dapat membantu sebagai sumber protein, zat antioksidan dan melancarkan pencernaan.

Kembang tahu

makanan ini terakhir lebih tepat sebagai camilan. Makanan tradisional yang biasa dijual oleh secara keliling ini ternyata memiliki manfaat di balik kesederhanaannya. Kembang tahu mengandung zat mangan dan antioksidan serta antipasmodic pada air jahenya. Manfaat dari kembang tahu itu untuk relaksasi otot dan organ tubuh, serta mengeluarkan asam laktat dalam tubuh.

Rawon

Biasanya rawon dibuat dari bahan dasar daging dengan tambahan rempah-rempah lain seperti kluwek, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, daun jeruk dan masih banyak lagi.

Masakan yang juga dikenal sebagai “sup hitam” di luar negeri ini memiliki nilai gizi yang tinggi. Makanan mengandung protein, lemak, kalori, vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *