Life Hack! Terapkan Trik Ini supaya Berhasil Turun Berat Badan

Mei 17, 2021

0

Life Hack! Terapkan Trik Ini supaya Berhasil Turun Berat Badan

Life Hack! Terapkan Trik Ini supaya Berhasil Turun Berat Badan – Menurunkan berat badan adalah tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Ada yang berhasil mencapai target berat badan, Ada juga yang merasa  frustrasi karena berat mereka yang tidak kunjung turun. Apa yang harus kita lakukan?

spicy foods - Life Hack! Terapkan Trik Ini supaya Berhasil Turun Berat Badan

1. Menonton diri sendiri makan di depan cermin

Mengkutip dari http://houseoffitness.net/ berdasarkan studi yang di terbitkan di The Journal of the Association for Consumer Research pada tahun 2015, mengonsumsi makanan di depan cermin dapat membantu mengubah kebiasaan makan menjadi lebih baik. Benarkah demikian?

Menurut peneliti yang terlibat dalam studi tersebut, individu akan mengalami ketidaknyamanan saat melihat dirinya makan makanan tidak sehat di depan cermin. Ketidaknyamanan ini berkaitan dengan rasa bersalah akibat makan makanan yang tidak sehat.

2. Membeli bahan makanan saat perut kenyang

Berbelanja bahan makanan dengan perut kosong bukanlah ide yang baik. Dalam keadaan lapar, kita cenderung membeli bahan makanan yang tinggi kalori!

Ini dibuktikan dalam penelitian berjudul “Fattening Fasting: Hungry Grocery Shoppers Buy More Calories, Not More Food” yang di terbitkan di JAMA Internal Medicine pada tahun 2013. Berbelanja dengan perut kosong dapat menghambat kemampuan untuk membuat pilihan cerdas tentang apa yang ingin kita makan.

3. Jangan malas bergerak!

Menurut Clyde Wilson, Ph.D dari Stanford University, Amerika Serikat, bergerak sepanjang hari itu penting. Karena, ketika otot tidak bergerak sama sekali, bahkan untuk waktu yang singkat, Metabolisme mungkin akan berhenti.

Melansir dari http://bellasbreakfastlunch.com Berdasarkan penelitian berjudul “Spectroscopic Studies of the Super Relaxed State of Skeletal Muscle” yang diterbitkan di jurnal PLOS One, Myosin (protein motorik yang sangat penting untuk fungsi otot dan metabolisme) akan mati begitu saja ketika otot tidak aktif, bahkan untuk waktu yang singkat.

4. Hindari makan makanan di wadah berwarna putih

Menurut studi berjudul “Plate Size and Color Suggestibility: The Delboeuf Illusion’s Bias on Serving and Eating Behavior” yang diterbitkan di Journal of Consumer Research pada tahun 2012, Kontras warna yang tinggi antara makanan dan piring membuat seseorang makan lebih sedikit.

5. Makanlah dengan hikmat, jangan sampai terdistraksi

Menerapkan mindful eating sangat berpengaruh pada keberhasilan diet. Pasalnya, Makan sambil menonton televisi atau bekerja bisa mendorong kita untuk makan lebih banyak! Sebaliknya,  Memperlambat dan menikmati makanan bisa membantu kita mengontrol asupan.

Telah di buktikan dalam studi yang di terbitkan di American Journal of Clinical Nutrition. Studi ini membagi peserta dalam dua kelompok, yaitu satu kelompok makan sambil menonton televisi dan kelompok lain makan tanpa menonton televisi.

6. Minum air untuk menahan nafsu makan

Ada hal sederhana yang dapat di lakukan untuk  mengontrol nafsu makan yang bisa di lakukan di rumah, Yaitu minum air sebanyak dua gelas (setara dengan 473 ml). Ini di paparkan dalam pertemuan nasional American Chemical Society (ACS) yang ke-240.

Menurut Brenda Davy, Ph.D, penulis senior dalam studi tersebut, Peningkatan konsumsi air adalah strategi penurunan berat badan yang efektif. Mereka yang minum dua gelas air tepat sebelum makan akan mengonsumsi 75-90 kalori lebih sedikit.

7. Makan di wadah yang berukuran kecil

Brian Wansink, Psikolog sosial, dan Koert van Ittersum, Peneliti pemasaran, Serta kolega ahli gizi membuat penelitian. Mereka memberi pengunjung mangkuk dengan dua ukuran yang berbeda, Yakni 17 oz dan 34 oz, Serta sendok es krim kecil (2 oz dan 3 oz).

Lalu, Para peserta mengisi survei dan peneliti menimbang berapa banyak es krim yang di masukkan peserta ke mangkuk mereka. Hasilnya , Peserta dengan mangkuk yang besar makan es krim 30 persen lebih banyak dari pada mereka yang menggunakan mangkuk kecil.