Kondisi Kesehatan Ini Pernah Terjadi di Dunia Medis

Agu 6, 2020

0
Kondisi Kesehatan Ini Pernah Terjadi di Dunia Medis

Kondisi Kesehatan Ini Pernah Terjadi di Dunia Medis

Kondisi Kesehatan Ini Pernah Terjadi di Dunia Medis

Kondisi Kesehatan Ini Pernah Terjadi di Dunia Medis, – Dalam dunia medis dan kesehatan, beberapa kejadian atau kondisi yang sangat langka mungkin bisa dialami oleh sebagian orang di dunia. Dikatakan langka apabila kejadian tersebut memiliki peluang yang sangat kecil untuk dapat terjadi.

Namun, meskipun peluangnya hampir nihil, beberapa kejadian medis langka ini pernah terjadi di dunia. Inilah beberapa kejadian dan kondisi medis yang sangat langka dan pernah terjadi di dunia. Apa saja? Yuk, disimak!

Alat vital pria yang mengeras dan berubah menjadi tulang

a 1 2f6ed96ab2bf6c7acef4300cd1c27eb1 - Kondisi Kesehatan Ini Pernah Terjadi di Dunia MedisIni bukan bercanda. Kejadian medis yang sangat amat langka ini pernah terjadi di Amerika Serikat beberapa tahun lalu, seperti ditulis dalam Live Science. Awalnya, ada seorang pasien laki-laki berusia 63 tahun yang datang ke rumah sakit untuk mengobati rasa sakit di lututnya. Rasa sakit tersebut ia dapatkan setelah ia terjatuh dan mengenai tulang ekornya. Namun, ia masih dapat berjalan dengan normal.

Anehnya, selain rasa sakit pada lutut, ia juga merasakan ada yang salah dengan penisnya. Betapa terkejutnya ahli medis yang memeriksa kasus tersebut, menemukan bahwa penis pria tersebut telah mengeras seperti batu. Dokter spesialis di rumah sakit tersebut mengatakan bahwa peristiwa langka itu terjadi akibat plak yang terjadi di jaringan penis.

Dalam dunia medis, plak jaringan pada penis ini muncul akibat osifikasi atau penulangan yang terjadi di sepanjang batang penis. Sebelumnya, ada beberapa laporan medis di beberapa rumah sakit di dunia juga pernah mencatat tentang pasien osifikasi penis. Kejadian ini sangat langka karena biasanya sasaran osifikasi atau penulangan bukanlah jaringan vital seperti penis.

Darah biru

darah cover 0b58dcb77c3839551bcc76cb7d129467 - Kondisi Kesehatan Ini Pernah Terjadi di Dunia MedisPara bangsawan atau keturunan dari orang-orang kerajaan sering dianggap sebagai keturunan darah biru. Namun, bukan hal itu yang akan dibahas kali ini, melainkan darah asli yang benar-benar berwarna biru. Kondisi medis langka ini dinamakan methemoglobinemia, sebuah kondisi kelainan pada sel darah manusia yang tidak dapat mengikat oksigen dengan sempurna.

Dalam beberapa kasus, kondisi ini juga akan dibarengi oleh warna darah yang tidak lagi merah, melainkan cokelat, abu-abu, dan bahkan biru. Jurnal medis Healthline mencatat bahwa gejala yang dapat tampak adalah warna kulit dan ujung kuku kebiruan, sesak napas, mual, dan bahkan sampai hilang kesadaran.

Kondisi medis yang sangat langka ini bisa bersifat genetik, artinya dapat diturunkan secara genetik pada generasi-generasi selanjutnya. Cacat genetik ini membuat tubuh tidak memiliki protein yang seharusnya dapat membantu sel darah merah untuk mengikat oksigen. Kasus darah biru di dunia sangat langka dan tidak semua ahli medis dapat mengatasi pasien dengan kondisi tersebut.

Sindrom patah hati

z 1 2bb24faf68f43a64245ceb4107621b57 - Kondisi Kesehatan Ini Pernah Terjadi di Dunia MedisPakar medis menyebut bahwa sindrom langka ini merupakan kombinasi antara penyakit mental sekaligus penyakit fisik. Disebut penyakit mental karena kondisi ini disebabkan oleh kondisi rapuhnya pikiran seseorang yang sedang sedih, bahkan bisa juga menjadi sebuah depresi. Sedangkan, pada fisik, sindrom ini mengakibatkan kerusakan pada kerja jantung.

Tentu saja dokter dan ahli medis tidak serta merta menyebutnya sebagai sindrom patah hati karena sindrom aneh ini punya nama ilmiahnya sendiri, yakni tekanan cardiomyopathy, seperti dicatat dalam laman medis Hopkins Medicine. Secara sederhana, stres atau tekanan berat dari mental dan fisik secara bersamaan akan melemahkan otot-otot jantung.

Beberapa gangguan mental juga dapat menyebabkan sindrom langka ini, misalnya depresi, kesedihan tidak wajar, fobia, dan lain sebagainya. Beberapa gejala dari sindrom langka ini mirip dengan gejala serangan jantung seperti sesak napas, dada nyeri, dan bahkan henti jantung mendadak. Dalam beberapa kasus, sindrom ini dianggap sangat mengancam jiwa karena dapat menyebabkan kematian.

Keringat dan air mata darah

darah 1 07c5d8d9ca242f786e1ee087e4e51229 - Kondisi Kesehatan Ini Pernah Terjadi di Dunia MedisSeperti dicatat dalam Medical News Today, kondisi medis langka ini dinamakan hematidrosis, yakni sebuah fenomena medis di mana seseorang dapat berkeringat dan menangis darah. Ini bukanlah kata-kata kiasan atau majas yang melebih-lebihkan, melainkan keringat dan air mata yang keluar secara nyata memang berupa darah.

Beberapa kalangan akademisi menyebut bahwa hematidrosis sebetulnya bukanlah kondisi medis yang dipengaruhi oleh fisik, melainkan oleh mental. Meskipun pernyataan ini mengundang prokontra dan perdebatan, hingga saat ini fenomena tersebut masih terus dipelajari dan dikaitkan hubungannya dengan kesehatan seseorang.

Saking langkanya, sangat jarang ada jurnal ilmiah medis yang membahas tentang hematidrosis secara mendalam. Studi klinis dapat sedikit mengungkap bahwa tekanan stres fisik dan mental dapat membuat pembuluh darah kecil pecah dan menyebabkan keringat dan air mata tercampur dengan darah. Tidak semua dokter di dunia mengerti dan bisa mengatasi fenomena medis ini.

Tubuh yang dapat menghasilkan alkohol

mual 1 7a821fcb2d3c22cf7759fc28331adb22 - Kondisi Kesehatan Ini Pernah Terjadi di Dunia MedisDalam kondisi normal, keracunan makanan atau minuman kerap terjadi dan sudah ada protokol atau tindakan apa saja yang harus diambil untuk mengatasi hal tersebut. Namun, bagaimana jika seseorang keracunan oleh tubuhnya sendiri? Ya, jurnal sains NCBI mencatat bahwa kasus langka ini dinamakan sindrom auto-brewery, yakni kondisi medis langka di mana organ pencernaan manusia menghasilkan alkohol dengan sendirinya.

Sindrom ini terjadi manakala mikroorganisme dalam pencernaan, terutama usus, secara radikal dapat mengubah karbohidrat menjadi senyawa alkohol. Awalnya mungkin pasien tidak akan menyadarinya. Pasien baru menyadari jika kondisi keracunan dan mabuk alkohol terjadi berulang kali dalam kurun waktu yang lama.

Untungnya, meskipun kejadian medis ini sangat langka, mikroorganisme dalam usus tersebut dapat diatasi dengan obat-obatan antibiotik. Dokter akan memberikan dosis antibiotik yang tepat dan mungkin akan dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama.

***

Itulah beberapa kejadian dan kondisi yang sangat langka dan dapat terjadi dalam dunia medis. Bahkan, saking langkanya, beberapa kasus tersebut masih dianggap misteri bagi banyak orang. Semoga kamu selalu dalam keadaan sehat dan semangat, ya!