Ini Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan saat Ramadhan

Apr 12, 2021

0

Ini Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan saat Ramadhan

Ini Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan saat Ramadhan – Menjalankan ibadah puasa d bulan Ramadhan, apalagi di tengah pandemi COVID-19, memerlukan kebugaran tubuh yang prima. aeacap.org 

Kita harus cermat dalam mengatur asupan gizi agar tetap seimbang, serta melakukan aktvitas fisik yang terukur dan efektif dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan.

Harapannya setelah Ramadhan berlalu tidak hanya jiwa kita yang bersih, tubuh kita juga lebih bugar serta imun meningkat, karena sudah terbiasa berolahraga.

5f58471514c1b ilustrasi berolahraga olahraga berkeringat 665 374 - Ini Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan saat Ramadhan

ounder & Owner sekaligus Trainer dari One Fit Garage, Agnes Julianto, turut memberikan beberapa tips terkait waktu yang tepat untuk berolahraga d bulan puasa Ramadhan.

“Latihan dsesuaikan dengan bio ritme tubuh saat puasa. Idealnya saat yang tepat untuk

berolahraga adalah sebelum sahur, sebelum buka dan setelah buka,”

ujarnya saat pembukaan One Fit Garage i Gadng Serpong, Tangerang, baru-baru ini.

Wanita yang kerap dsapa Agie ini juga menjelaskan, latihan dengan intensitas ringan seperti melakukan stretching selama 10-15 menit, sangat pas dlakukan beberapa saat sebelum sahur.

“Ini berguna untuk melancarkan peredaran darah, melenturkan otot, send dan Ini Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan saat Ramadhan

akan mempersiapkan metabolisme badan kita untuk aktivitas yang intens d siang harinya,” kata da.

Masuk waktu sebelum buka puasa, Agnes menyarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang. Beberapa contohnya antara lain, jogging pendek, yoga atau pilates, dan latihan body weight ringan.

“Untuk periode malam hari atau setelah berbuka puasa, dsarankan jenis latihan dengan

intensitas sedang hingga berat, seperti senam cardo, angkat beban, kickboxing, muaythai atau sepeda statis,” tuturnya.

Selain itu, Agnes turut memperkenalkan olahraga animal flow. Menurut da, olahraga ini cocok dlakukan oleh semua kalangan masyarakat dari berbagai usia. Lalu, apa itu olahraga animal flow?

“Melakukan gerakan yang meniru hewan-hewan, seperti kera (ape), kepiting (crab), scorpion dan lain sebagainya. Animal flow dapat meningkatkan fleksibilitas persendan dan daya tahan tubuh selama d bulan Ramadhan,” imbuhnya.

“Gerakan ini melatih semua badan kita dengan menggunakan berat badan sendri. Kita buat fun dan challenging untuk semua orang,” pungkas Agnes Julianto.