Dampak Negatif Terlalu Banyak Konsumsi Kayu Manis

Agu 31, 2020

0
Dampak Negatif Terlalu Banyak Konsumsi Kayu Manis - Dampak Negatif Terlalu Banyak Konsumsi Kayu Manis

Dampak Negatif Terlalu Banyak Konsumsi Kayu Manis

Dampak Negatif Terlalu Banyak Konsumsi Kayu Manis

Dampak Negatif Terlalu Banyak Konsumsi Kayu Manis – Kita sudah tidak asing dengan kayu manis. Hasil rempah dari kuit pohon cinnamomum ini tidak hanya bergunakan sebagai bumbu pada masakan namun acap kali bergunakan sebagai penambah aroma pada berbagai jenis minuman. Memiliki aroma dan rasa yang khas membuat kayu manis banyak orang menyukainnya.

Namun penggunaan kayu manis pun mesti memerhatikan takaran alias tidak berlebihan, karena bisa berdampak fatal terhadap kesehatan. Hal tersebut dampak dari senyawa kumarin yang terkandung pada dalamnya, utamanya kayu manis jenis cassia.

Inilah dampak negatif kayu manis terhadap kesehatan.

1. Kerusakan hati (liver)

Kandungan kumarin pada kayu manis jenis cassia mencapai 7-18 mg per sendok teh, sedangkan kayu manis ceylon hanya mengandung tidak banyak kandungan kumarin. Asupan kumarin yang dapat ditoleransi tubuh adalah 0.1 mg per kg berat badan, artinya 1 sendok teh kayu manis cassia saja sudah melebihi batas kumarin yang peruntukkan tubuh. Dan dampaknya jika berlebihan adalah keracunan dan kerusakan hati.

2. Meningkatkan risiko kanker

Setelah melakukan penelitian, ternyata kandungan kumarin pada kayu manis pun berdampak pada risiko penyakit kanker. Hal tersebut setelah melalui proses percobaan pada tikus. Tikus mengalami tumor kanker hingga berkembang ke paru-paru, ginjal dan hati. Namun penelitian ini masih memerlukan kajian mengingat belum ada penjelasan jika terhadap manusia secara langsung.

3. Luka pada mulut

Luka pada mulut sini meliputi sariawan, bengkak lidah dan gusi, muncul bercak putih mulut hingga sensasi terbakar dan gatal. Hal tersebut lantaran kayu manis mengandung senyawa cinnamaldehyde. Hal ini hanya terjadi pada orang-orang yang memiliki reaksi negatif terhadap senyawa tersebut (alergi).

4. Gula darah rendah

Jika mengonsumsi kayu manis terlalu banyak berdampak pada menurunnya kadar gula darah dalam tubuh atau biasa disebut hipoglikemia. Gejalanya berupa pusing, kelelahan dan bahkan pingsan.

5. Menghirup kayu manis dapat menyebabkan masalah pada pernapasan

Menghirup serbuk kayu manis pun berdampak pada masalah pernapasan. Kandungan cinnamaldehyde pada kayu manis dapat menyebabkan iritasi tenggorokan. Dan jika tidak sengaja menghidup serbuk kayu manis bisa menyebabkan batuk, tersedak hingga sulit mengatur napas.

Itulah 5 faktor negatif terkait kesehatan yang penyebabnya oleh konsumsi kayu manis berlebihan. Mengonsumsi apa pun mesti dalam batas wajar ya agar tidak memunculkan risiko yang tidak diinginkan.