Cara Jitu Meredakan Sakit Gigi ala Rumahan

Agu 27, 2020

0
Cara Jitu Meredakan Sakit Gigi ala Rumahan

Cara Jitu Meredakan Sakit Gigi ala Rumahan

Cara Jitu Meredakan Sakit Gigi ala Rumahan

Cara Jitu Meredakan Sakit Gigi ala Rumahan, – Sakit gigi tentu menyiksa yang luar biasa, bahkan sampai banyak yang bilang lebih baik sakit hati ketimbang sakit gigi. Hal ini memang sakit gigi sungguh menyiksa. Tak hanya sakit pada gigi saja, namun seluruh tubuh juga merasakan dampaknya.

Ingin melakukan aktivitas apapun jadi terganggu, dan lebih parahnya lagi sakit gigi bisa membuat kita menjadi mudah emosi dan marah. Terlebih ketika mendengar suara keras. Sakit gigi bisa disebabkan oleh banyak hal seperti gigi berlubang, gigi patah, sisa makanan yang menempel pada sela gigi atau lain sebagainya.

Sakit gigi di masa pandemik bukanlah hal yang mengenakkan. Mungkin banyak dokter gigi yang tidak praktik, mengingat ada risiko besar penularan akibat merawat mulut pasien. Alhasil, kamu jadi tak bisa mendapatkan penanganan yang tepat dan harus menderita akibat gigi cenat-cenut.

Namun, apapun penyebabnya masalah sakit gigi harus segera diatasi. Untuk mengobati sakit gigi, kita bisa pergi ke dokteri gigi terdekat.

Berkumur air garam

Larutan air garam banyak digunakan sebagai pertolongan pertama. Karena merupakan disinfektan alami serta membantu melonggarkan partikel atau sisa makanan yang tersangkut di gigi.

Menurut sebuah studi dalam jurnal “PLOS One” tahun 2016, berkumur dengan air garam dapat membantu mengurangi inflamasi dan menyembuhkan luka di mulut.

Yang perlu kamu lakukan adalah siapkan setengah gelas kecil air putih hangat, masukkan garam sebanyak satu sendok teh, lalu aduk hingga rata. Kumur-kumur kurang lebih selama 30 detik dan lakukan 2-3 kali dalam sehari.

Kompres dingin

Dilansir Healthline, kamu bisa mengompres area gigi yang sakit, terutama sakit akibat cedera atau gusi bengkak, dengan es batu. Kompres dingin akan meredakan rasa sakit karena membuat pembuluh darah di area tersebut menyempit dan memperlambat aliran darah ke daerah yang sakit.

Manfaatkan bawang putih

Selain untuk menyedapkan masakan, bawang putih sudah lama dimanfaat sebagai obat alami. Termasuk untuk meredakan sakit gigi, lho!

Menurut sebuah studi dalam “Avicenna Journal of Phytomedicine” tahun 2014, keampuhan bawang putih tak hanya untuk membunuh bakteri penyebab plak gigi, tetapi juga bisa berperan sebagai pereda nyeri.

Caranya, tinggal hancurkan bawang putih itu sampai halus, lalu oleskan ke area yang sakit seperti salep. Kamu disarankan untuk menambah sedikit garam.