Beberapa Manfaat Sehat Daun Sirih

Jul 27, 2020

0
Beberapa Manfaat Sehat Daun Sirih

Beberapa Manfaat Sehat Daun Sirih

Beberapa Manfaat Sehat Daun Sirih

Beberapa Manfaat Sehat Daun Sirih – Sirih termasuk salah satu herba paling berkhasiat yang pernah dikenal manusia. Tanaman yang tumbuh menyulur dan memiliki daun lebar ini kaya akan kandungan saponin, tannin, eugenol, dan berbagai jenis minyak esensial. Kandungan-kandungan tersebut menjadikan manfaat daun sirih bagi kesehatan tubuh begitu kaya.

Daun sirih dikenal akan sifat anti-septik, anti-inflamasi, dan pendingin kulit. Khasiatnya tak terbatas di permukaan tubuh. Jika dimakan atau diminum air rebusannya, manfaat daun sirih juga akan terasa untuk organ-organ tubuh.

Di Indonesia dan beberapa negara lainnya, daun sirih atau daun betel (Piper betle) banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Jenis yang banyak dikenal adalah daun sirih merah dan daun sirih hijau.

Tahu tidak, daun sirih punya kandungan vitamin C, riboflavin, tiamina, niasin, karoten, minyak atsiri, pati, diastase, gula, dan kavikol. Wah, pantas saja daun ini banyak dijadikan sebagai obat!

Mengobati diabetes

Salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia adalah diabetes atau kencing manis, yaitu penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah di atas normal. Bila tidak ditangani dengan tepat, komplikasinya bisa berbahaya.

Nah, penderita diabetes bisa memanfaatkan daun sirih untuk mengendalikan kondisi diabetesnya. Menurut sebuah studi dalam “Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Bengkulu” tahun 2019, air rebusan daun sirih bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes melitus berkat kandungan flavonoidnya.

Mengurangi masalah pernapasan

Ternyata, daun sirih sering digunakan untuk mengobati batuk dan pilek. Khasiatnya juga bisa dirasakan oleh penderita sesak napas, penyakit paru-paru, dan asma.

Dilansir dari berbagai sumber, cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan sedikit minyak mustard pada daun sirih, panaskan, lalu letakkan di dada.

Cara lainnya juga bisa dengan merebus beberapa daun, kapulaga, cengkeh, kayu manis, dan dua gelas air. Rebus hingga air tersisa satu gelas, lalu minum ramuan tersebut 2-3 kali sehari.

Berperan sebagai antibakteri dan antijamur

Daun sirih juga jadi andalan untuk mengobati berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Kandungan antiseptik dalam daun sirih bisa membantu membunuh bakteri, sehingga banyak digunakan sebagai antibakteri dan antijamur alami.

Berdasarkan penelitian dalam “Jurnal Fitofarmaka” tahun 2015, ekstrak daun sirih terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus penyebab penyakit kulit. Ini karena kandungan kavikol dalam daun sirih bersifat sebagai antiseptik.

Selain itu, kandungan minyak atsiri memiliki daya hambat terhadap pertumbuhan jamur. Mengoleskan pasta daun sirih dapat membunuh jamur penyebab infeksi di area tubuh.

Pereda nyeri atau analgesik

Saat tubuh dilanda nyeri, biasanya kita akan minum obat pereda nyeri atau analgesik untuk mengatasinya dengan cepat. Daripada buru-buru minum obat, coba dulu, deh, cara alami, yaitu dengan daun sirih merah.

Menurut penelitian dalam “Jurnal Biofarmasi” tahun 2013, daun sirih merah memiliki efek analgesik yang berperan dalam meredakan nyeri. Khasiat ini berkat kandungan flavonoid dan minyak atsiri.

Daun sirih bisa digunakan untuk mengurangi nyeri akibat luka, memar dan ruam. Kamu tinggal buat pasta dari daun sirih (misalnya ditumbuk atau diblender), kemudian dioleskan ke bagian yang sakit. Daun sirih juga bisa meredakan sakit di bagian dalam tubuh.