9 Cara Paling Efektif Menurunkan Berat Badan Tanpa Berolahraga

Jun 20, 2020

0
9 Cara Paling Efektif Menurunkan Berat Badan Tanpa Berolahraga

9 Cara Paling Efektif Menurunkan Berat Badan Tanpa Berolahraga

Gak olahraga, tapi bisa kurus ternyata bukan cuma mimpi

Menurunkan Berat Badan – Saat mendengar kata, “langsing” atau “menurunkan berat badan”, biasanya yang tergambar dalam pikiran kita adalah olahraga mati-matian, diet yang menuntut kita menahan nafsu makan atau pun aneka makanan rebus dan mentah yang bikin gak berselera.

Saking beratnya perjuangan mengurangi lemak di tubuh, banyak orang yang merasa putus asa dan menyerah di tengah perjalanan dietnya.

Biasanya, orang-orang merasa ‘keder’ duluan jika dihadapkan dengan target olahraga untuk membakar kalori. Padahal, meski daftar idnplay tanpa olahraga pun, kamu tetap bisa menurunkan berat badan melalui referensi yang telah di rangkum dari berbagai sumber.

Berikut kami beri  beberapa metode atau cara menurunkan berat badan yang efektif tanpa harus olahraga yang bisa kamu coba terapkan. Penasaran kira-kira apa ajah ya? Langsung ajah cek yuk di bawah ini!

1. Mengunyah makanan pelan-pelan

Otak butuh waktu untuk memproses makanan hingga merasa cukup dan kenyang. Mengunyah makanan pelan-pelan dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga kamu akan merasa cukup dengan porsi kecil saja.

2. Menggunakan piring kecil

Makan menggunakan piring kecil dipercaya bisa menipu otak kita, seolah-olah makanan yang kita ambil lebih banyak.

Sebaliknya, piring besar memberikan persepsi otak bahwa makanan yang kita ambil sedikit karena perbandingan ukuran dengan piringnya. Inilah yang membuat kita doyan untuk nambah lagi, lagi dan lagi.

3. Makan lebih banyak protein

Protein punya efek dahsyat untuk nafsu makan kita. Protein yang banyak terkandung dalam daging ini, akan memberikan rasa kenyang, mengurangi rasa lapar dan membantumu mengurangi asupan kalori. Ini dikarenakan protein yang mempengaruhi beberapa hormon dalam tubuh kita, termasuk ghrelin dan GLP-1.

Baca juga: Kesulitan Menjaga Berat Badan Tetap Ideal? Ini Saran Dokter Spesialis Gizi!

4. Jauhkan makanan ‘sampah’ dari pandanganmu

Camilan ber-MSG, minuman bersoda, cokelat, permen dan aneka cookies serta keripik, sebaiknya dijauhkan dari pandanganmu. Jika kamu masih menyimpannya, masukkan ke dalam lemari atau enyahkan sekalian, karena selama mereka masih ada di sekitarmu, maka kamu akan sulit untuk menahan hasrat untuk tidak mengemilnya.

5. Makan makanan yang mengandung banyak serat

Serat yang dinamakan viscous fiber, sangat berkhasiat untuk menurunkan berat badan karena sifatnya yang menjadi gel saat bertemu dengan air.

Gel ini mampu memenuhi lambung dan membutuhkan waktu yang lama untuk diserap tubuh sehingga menahan rasa lapar.

Yang termasuk dalam viscous fiber ini adalah kacang-kacangan, gandum, asparagus, jeruk dan flax seeds.

6. Banyak minum air putih

Minum air putih tak diragukan lagi keampuhannya untuk kesehatan, termasuk untuk menurunkan berat badan.

Sebuah studi menyebutkan, orang dewasa yang minum air putih setengah liter 30 menit sebelum makan, nafsu makannya berkurang dan membuatnya makan lebih sedikit kalori.

7. Makan dengan tenang tanpa gangguan benda elektronik

Berkonsentrasi penuh pada apa yang dimakan, ternyata mampu mengurangi banyaknya makanan yang kita makan.

Orang-orang yang makan sambil nonton televisi, bermain games di komputer atau smartphone, cenderung mengabaikan apa yang dimakannya dan tidak benar-benar menikmatinya.

Alhasil, ia akan makan lebih banyak dari jumlah yang seharusnya karena tidak makan dengan penuh konsentrasi.

8. Makanlah dengan piring berwarna merah

Psikolog menemukan fakta unik, bahwa piring dengan warna merah mampu menurunkan nafsu makan ketimbang piring warna putih atau biru. Diduga, warna merah akrab diasosiasikan otak sebagai tanda ‘berhenti’ atau peringatan lainnya, sehingga otak mengasumsikan untuk berhenti makan.

9. Tidur cukup dan hindari stres

Mungkin terkesan tidak berhubungan, tetapi ternyata tidur cukup dan stres punya korelasi terhadap nafsu makan dan berat badan. Kurang tidur dapat mengacaukan hormon leptin dan ghrelin dalam tubuh. Kedua hormon inilah yang mengatur nafsu makan.

Sedangkan cortisol, hormon ini yang akan meningkat tajam saat kita stres. Jika hormon-hormon ini tidak seimbang, maka kamu akan merasa lapar dan ingin makan-makanan yang tidak sehat untuk ‘memuaskan’ diri. So, mau kurus, jangan banyak begadang dan stres ya!

Nah, itu dia 9 tip atau cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang bisa kamu coba. Sekalipun kamu tidak suka olahraga, tetapi alangkah baiknya tetap membuat tubuhmu bergerak sekalipun itu hanya jalan kaki ringan di sekitar rumah.

Sumber: Idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *