5 Makanan Sehat Untuk Cegah Penyakit Jantung

Apr 5, 2020

0
5 Makanan Sehat Untuk Cegah Penyakit Jantung

5 Makanan Sehat Untuk Cegah Penyakit Jantung

5 Makanan Sehat Untuk Cegah Penyakit Jantung

5 Makanan Sehat Untuk Cegah Penyakit Jantung,- Penyakit jantung adalah kondisi ketika jantung mengalami gangguan. Bentuk gangguan itu sendiri bisa bermacam-macam. Ada gangguan pada pembuluh darah jantung, irama jantung, katup jantung, atau gangguan akibat bawaan lahir.

Jantung adalah otot yang terbagi menjadi empat ruang. Dua ruang terletak di bagian atas, yaitu atrium (serambi) kanan dan kiri.

Sedangkan dua ruang lagi terletak di bagian bawah, yaitu ventrikel (bilik) kanan dan kiri. Antara ruang kanan dan kiri dipisahkan oleh dinding otot (septum) yang berfungsi mencegah tercampurnya darah yang kaya oksigen dengan darah yang miskin oksigen.

Fungsi utama jantung adalah mengalirkan darah kaya oksigen ke seluruh bagian tubuh. Setelah seluruh organ tubuh menggunakan oksigen dalam darah, darah yang miskin oksigen tersebut kembali ke jantung (atrium kanan), untuk diteruskan ke ventrikel kanan melalui katup trikuspid.

Sesudah darah memenuhi ventrikel kanan, katup trikuspid akan menutup guna mencegah darah kembali ke atrium kanan.

Kemudian Daftar Poker Android, saat ventrikel kanan berkontraksi, darah miskin oksigen akan keluar dari jantung melalui katup pulmonal dan arteri pulmonal, lalu dibawa ke paru-paru untuk diisi dengan oksigen.

Darah yang telah diperkaya oksigen tadi, kemudian dibawa ke atrium kiri melalui vena pulmonal. Saat atrium kiri berkontraksi, darah akan diteruskan ke ventrikel kiri melalui katup mitral.

Setelah ventrikel kiri dipenuhi darah, katup mitral akan menutup untuk mencegah darah kembali ke atrium kiri. Kemudian, ventrikel kiri akan berkontraksi, dan darah akan dialirkan ke seluruh tubuh melalui katup aorta. Siklus peredaran darah tersebut akan terus berulang.

Peneliti dari American College of Cardiology mempublikasikan rekomendasi mereka dalam Journal of American College of Cardiology, berisi tentang makanan sehat yang disarankan oleh berbagai ahli gizi untuk kesehatan jantung.

Berikut adalah makanan-makanan yang baik untuk mencegah penyakit jantung:
1. Almond

Kacang-kacangan ini penuh dengan lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan LDL atau kolesterol buruk. Plus, lemak tak jenuh tunggal adalah sumber yang baik dari antioksidan vitamin E yang menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat.

2. Apel

Peneliti Cornell University menemukan makan satu apel merah sehari dapat menghentikan oksidasi LDL yang bisa menyebabkan peradangan dan penumpukan plak di arteri. Ilmuwan Cornell menemukan apel sehari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 8 persen.

3. Beries

Keluarga berries, mulai dari strawberry, blueberry, rasberry, cranberry atau blackberry yang sering dijumpai di pinggir jalan. Buah-buahan tersebut mengandung zat antioksidan yang lebih efektif menjaga kualitas jantung dibanding buah yang ukurannya lebih besar, seperti apel dan tomat.

4. Hati ayam/sapi

Menurut ahli kardiologi dari Wisconsin, Amerika Serikat, William Davis, hati mengandung lemak yang baik untuk jantung.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon baik untuk jantung karena kaya akan omega 3. Jika tidak ada, alternatif terbaiknya adalah ikan kakap ataupun tongkol putih.

Sumber :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *