5 Jenis Pose Yoga untuk Anak-anak, yang Bantu Lancarkan Pencernaan Hingga Latih Konsentrasi

Mei 25, 2020

0
5 Jenis Pose Yoga untuk Anak-anak, yang Bantu Lancarkan Pencernaan Hingga Latih Konsentrasi..

5 Jenis Pose Yoga untuk Anak-anak, yang Bantu Lancarkan Pencernaan Hingga Latih Konsentrasi

Bantu Lancarkan Pencernaan hingga Latih Konsentrasi, Ini 5 Jenis Pose Yoga untuk Anak-Anak

Yoga – Sudah banyak diketahui bahwa yoga merupakan latihan yang mempengaruhi tubuh dan pikiran. Selain untuk orang dewasa, memperkenalkan yoga kepada anak-anak sejak dini dapat memberikan manfaat yang baik untuk perkembangan mereka, lho!

Apalagi, agen s128 terpercaya yoga juga memberikan manfaat positif bagi anak yang menderita penyakit asma atau autisme.

Untuk lebih tahu dalam lagi, berikut beberapa langkah beserta manfaat gerakan atau pose yoga yang cocok untuk si buah hati.

Cat Pose

689 shutterstock 614691236.jpg - 5 Jenis Pose Yoga untuk Anak-anak, yang Bantu Lancarkan Pencernaan Hingga Latih Konsentrasi

Bentuk yang menyerupai kucing alias cat pose ini bermanfaat untuk meregangkan otot punggung, leher, dan torso, serta memberikan pijatan lembut ke organ dalam dan tulang belakang anak.

Untuk melakukannya, langkah pertama mulailah dengan posisi merangkak dengan punggung rata dan sejajar seperti meja. Pastikan lutut berada di bawah pinggul, lengan tegak lurus, dan tangan sejajar dengan bahu.

Kemudian, angkat dagu dan putar tulang belakang ke arah langit-langit sambil menarik dan buang napas dalam-dalam. Tahan posisi ini selama beberapa menit lalu kembali lagi ke awal.

Cobra Pose

658 shutterstock 1723196329.jpg - 5 Jenis Pose Yoga untuk Anak-anak, yang Bantu Lancarkan Pencernaan Hingga Latih Konsentrasi

Selain orang dewasa, cobra pose yang berbentuk seperti ular kobra ini juga cocok dilakukan untuk anak-anak. Pose ini memiliki manfaat meregangkan otot tulang belakang, punggung, dan perut, memperkuat otot tulang belakang dan bahu, serta meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Langkah pertama dimulai dari berbaring tengkurap dengan kaki direntangkan di belakang. Lalu, tempatkan telapak tangan di samping bahu. Tarik napas, tekan telapak tangan dan mulailah mengangkat tubuh bagian atas (kepala, dada, dan bahu) dengan kaki yang menahan tubuh.

Baca juga: Olahraga cardio, Cocok untuk Anda yang Ingin Turunkan Berat Badan

Kencangkan perut, pantat, dan paha sambil melihat ke langit-langit. Pastikan leher dan lengan Anda tetap lurus. Tahan beberapa detik lalu ulangi pose tersebut kembali.

Bridge Pose

522 shutterstock 622462424.jpg - 5 Jenis Pose Yoga untuk Anak-anak, yang Bantu Lancarkan Pencernaan Hingga Latih Konsentrasi

Hampir sama dengan sebelumnya, jenis bridge pose yang menyerupai bentuk jembatan ini berfungsi untuk meregangkan tulang belakang, dada, leher, bahu, dan pinggul, memperkuat otot punggung dan kaki, menenangkan pikiran, serta membantu melancarkan pencernaan.

Pertama, posisikan tubuh berbaring terlentang dengan lutut ditekuk selebar pinggul. Kemudian, posisikan lagi jari tangan ke arah tumit dan rentangkan tangan. Pastikan telapak tangan anak harus menghadap ke bawah. Setelah itu, angkat tubuh setinggi mungkin mulai dari pinggul sambil menarik napas. Tahan pose ini selama 2-3 menit sebelum membuang napas dan kembali ke posisi semula.

tree Pose

294 shutterstock 562542739.jpg - 5 Jenis Pose Yoga untuk Anak-anak, yang Bantu Lancarkan Pencernaan Hingga Latih Konsentrasi

Bagi anak yang cenderung mengalami kesulitan berkonsentrasi atau fokus,tree pose bisa menjadi gerakan yang pas dicoba. Selain melatih keseimbangan, pose berbentuk pohon ini bermanfaat untuk memperkuat otot lengan dan kaki dan memperbaiki postur tubuh.

Caranya, berdirilah dengan kaki satu bertumpu di kaki lainnya. Setelah itu, lipat tangan di dada atau bisa juga mengangkat tangan lurus ke atas. Tahan 3-5 menit sambil mengatur napas secara perlahan. Kemudian ulangi cara tersebut dengan beralih ke kaki satuya.

Warrior Pose

750 shutterstock 562542778.jpg - 5 Jenis Pose Yoga untuk Anak-anak, yang Bantu Lancarkan Pencernaan Hingga Latih Konsentrasi

Yang terakhir, ada warrior pose! Sama seperti tree pose, pose ini dapat melatih keseimbangan dan stamina tubuh, serta menguatkan otot kaki dan tangan anak. Melalui pose ini juga mengajarkan si kecil akan keberanian serta kekuatan tubuh dan pikiran.

Langkah awal dimulai dari berdiri dengan kaki terbuka seperti bentuk V terbalik. Gerakkan kaki kanan keluar pada sudut 90 derajat dan kaki kiri sebesar 15 derajat sehingga tumit kaki kanan sejajar dengan kaki kiri. Ketiga, naikkan kedua tangan secara perlahan ke atas kepala. Perdalam regangan sedikit demi sedikit pada tiap hembusan napas selama beberapa menit. Kemudian, luruskan kaki kembali untuk meringankan pose.

Perlu diingat, dampingi selalu anak Anda saat mereka mencoba berbagai jenis pose yoga di atas. Namun, jika Anda termasuk belum pernah mencobanya, sebaiknya ikuti kelas dengan instruktur profesional agar gerakan yoga yang dilakukan benar dan tidak mengakibatkan cedera.

Sumber: BeautyJournalbySiociolla

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *