Penderita Asam Urat Mesti Hindari Makanan dan Minuman Ini Apa Saja

Feb 6, 2021

0

Penderita Asam Urat Mesti Hindari Makanan dan Minuman Ini Apa Saja

Penderita Asam Urat Mesti Hindari Makanan dan Minuman Ini Apa Saja

Penderita Asam Urat Mesti Hindari Makanan dan Minuman Ini Apa Saja – Pola makan tinggi purin sangat berpengaruh besar bagi orang-orang dengan asam urat tinggi. Purin adalah senyawa kimia yang dapat di temukan baik di dalam tubuh maupun dari makanan. Proses metabolisme purin kemudian menghasilkan limbah berupa asam urat. Sebagian besar diserap tubuh, sementara sisanya di buang lewat urine dan feses. Apabila jumlah purin melebihi dari pada yang di proses oleh tubuh, terjadilah penumpukan asam urat dalam darah, yang di kenal dengan istilah hiperurisemia. Kondisi ini ini bisa memicu pembentukan kristal asam urat dalam tubuh, menyebabkan batu ginjal atau radang sendi.

images?q=tbn:ANd9GcT90JZN009yWscDeYuupqzBIpKUpXzfQiZb4A&usqp=CAU - Penderita Asam Urat Mesti Hindari Makanan dan Minuman Ini Apa Saja

Gula

Tak banyak yang tahu kalau makanan dan minuman manis bisa berdampak buruk pada penderita asam urat. Sebagian besar makanan dan minuman manis yang kita konsumsi sehari-hari mengandung gula jenis fruktosa. Melansir Verywell Health, fruktosa dapat meningkatkan kadar serum asam urat. Jadi, menghindari atau membatasi asupan gula akan membantu meredakan gejala radang sendi yang menyiksa. Sebuah studi dalam jurnal Critical Reviews in Food Science and Nutrition mengamati hubungan antara minuman manis dengan radang sendi dan hiperurisemia.

Makanan olahan dan karbohidrat rafinasi

Melansir dari http://bellasbreakfastlunch.com/   jenis makanan barat yang sering dikonsumsi umumnya kaya akan pangan olahan dan karbohidrat rafinasi. Yang di maksud dengan karbohidrat rafinasi adalah jenis karbohidrat yang telah mengalami banyak proses, sehingga menghilangkan komponen seperti dedak, serat, vitamin, maupun mineral, mengakibatkan minimnya kandungan gizi yang ada di dalamnya. Sering mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut (olahan dan rafinasi),

Daging merah dan jeroan

Daging merah seperti daging sapi, babi, domba, atau kambing, serta jeroan adalah jenis makanan tinggi purin. Melansir Verywell Health, berdasarkan hasil studi, mengonsumsi daging merah dan jeroan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah dan membuat seseorang rentan terkena serangan penyakit asam urat. Jadi, batasi atau hindari konsumsinya.